Sabtu, 04 September 2010

INDONESIA UNDER ATTACK !!!

 Kelinci Impor Serbu Indonesia, begitu iklan majalah Flona edisi 90/VI Agustus 2010. Cukup jitu untuk menarik perhatian penggemar kelinci hias di Indonesia. Beberapa penggemar kelinci telah berhasil mengimpor dari Amerika, sebut saja diantaranya Gembala Kelinci yang berlokasi di Tangerang.
Awal tahun 2010 sampai dengan bulan Maret 2010 kelinci impor dari Amerika yang telah masuk diantaranya jenis Holland Lop (HL), American Fuzzy Lop (AFL), Netherland Dwarf (ND), Mini Lop, dan French Lop. Pemilik kelinci yang baru didatangkan dari USA ini masih bisa dihitung dengan jari, jadi peluang untuk mengembangbiakkan dan menjadikannya sebagai suatu usaha tambahan terbilang cukup menjanjikan. Bagaimana tidak? Keperkasaan kelinci impor dari USA ini sudah terbukti di dua ajang kontes, pertama Kontes yang diselenggarakan oleh Saung Kelinci bekerjasama dengan Himakindo dan Balitnak pada tanggal 13 Maret 2010, juara di kelas Lop didominasi oleh Holland Lop impor, begitu juga kategori Netherland Dwarf, sapu bersih oleh ND impor; yang kedua Kontes di Hotel Salak Bogor oleh Himakindo dan Balitnak pada tanggal 1 Agustus 2010, juara kategori Holland Lop didominasi HL anakan kelinci impor; bahkan dalam kesempatan tersebut diadakan lelang kelinci HL Junior anakan HL impor, konon kabarnya laku terjual Rp 2.500.000,- seekor. Sebuah awal apresiasi yang cukup baik dari penggemar kelinci hias.

Kiat apa yang dilakukan oleh Gembala Kelinci sehingga relatif mudah mendapatkan kelinci-kelinci ajib dari Breeder papan atas di Amrik? Sementara tidak sedikit yang mencoba melakukan kontak langsung via email melalui website yang tersedia, akan tetapi kurang mendapat tanggapan dari Top Breeder di USA, bahkan kami pernah menerima forward dari mereka, menanyakan siapa dan apa maksudnya?
Top Breeder di USA telah menghabiskan waktunya puluhan tahun untuk menghasilkan breeds yang berkualitas dan melatih kelinci-kelinci ajibnya secara personal agar dapat tampil maksimal pada ajang kontes. Jika kita amati jadwal kontes yang begitu padat yang diadakan oleh berbagai perkumpulan disana, menjadi suatu kemestian begitu ketatnya perlombaan untuk meraih gelar kejuaraan, karenanya kelinci-kelinci mereka menjadi rebutan di kalangan hobiis Paman Sam. Budaya ini mungkin telah berjalan hampir seratus tahun, mengingat telah ada standar penilaian pada buku-buku tua yang mereka miliki, ini kami ketahui dari softcopy yang diberikan oleh Mr. Erick Bengtson dalam rangka kampanyenya menjadi ARBA Vice President. Penghormatan mereka terhadap orang-orang terdahulu yang mempunyai dedikasi penuh membina "perkelincian" sehingga terbentuk asosiasi sekaliber ARBA (American Rabbit Breeder Association) membuat mereka bangga dengan Asosiasinya, karenanya Support terhadap ARBA menjadi bagian dari kata kunci untuk melakukan loby yang akan memuluskan mendapatkan kelinci-kelinci ajib mereka.
Ini barangkali yang menjadi satu diantara jurus yang dilakukan Gembala Kelinci dalam melakukan lobynya, selain telah menjadi "ARBA member" secara personil, Gembala Kelinci juga telah mendaftarkan Rabbitrynya, berikut bukti keikutsertaannya sebagai Rabbitry yang telah terdaftar di ARBA (to GK: sorry Boss, gua colong dulu ya dari FB lu he..he..buat iklan...prikiteww!!)
Kiat selanjutnya adalah melakukan komunikasi yang efektif. Dari hasil bincang-bincang dengan pemilik Gembala Kelinci, Bapak Andy Djamhur dan Ibu Hyacintha dapatlah kami ketahui bahwa mereka telah menghubungi orang yang tepat di saat yang tepat, yakni menghubungi District 9 Director : Dr. Jay E. Hreiz untuk meminta rekomendasi beberapa Breeder kondang dalam wilayah District 9 yang meliputi Pennsylvania, New Jersey, Delaware, Maryland, West Virginia, Virginia, North Carolina, South Carolina, Washington DC, dan Luar negeri. Atas rekomendasi Mr. Jay inilah langkah komunikasi dengan beberapa Breeder kondang menjadi lebih efektif. Keseriusan Gembala Kelinci untuk mendatangkan Breeds from USA serta kepercayaan penuh kepada The Rabbit Hole - Breeder kondang dari New Jersey, membuat semuanya berjalan lebih mudah dan lancar. Hanya perlu waktu kurang lebih 1 bulan bagi Gembala Kelinci untuk mendapatkan 10 ekor kelinci ajib yang terdiri dari jenis Holland Lop dan Netherland Dwarf. Pada pertengahan Januari 2010 yang lalu 10 ekor kelinci ajib ini telah pindah ke rumah mereka yang baru : INDONESIA

Ini adalah foto Mr. Jay yang kami kutip dari District 9
Last but not least, punya sedikit pohon duit he..he..he..ini kayaknya kiat yang paling cepat agar apa yang diminat bisa segera didapat, buat yang rada melarat emang beraatt...mengingat biaya sampai di tempat bisa dua tiga kali lipat dari harga kelincinya. Belum lagi biaya untuk merawat, kudu siap mental 24 karat....
Berikut hasil liputan Paparazzi ke Australi, kali-kali aji money tree ini milik Gembala Kelinci hi..hi..hi..
Untuk bertemu langsung dengan Bapak Andy Djamhur kudu siap meluncur ke Pantai Sanur, beliau lebih banyak menghabiskan waktunya berleha-leha di sana ha..ha..ha.. Gak percaya? nih buktinya....
Breeds from USA yang telah hadir ke Indonesia pada bulan Maret 2010 berjumlah 36 ekor diantaranya :
Holland Lop ( termasuk kategori Small Breeds dengan kisaran berat 1,363 - 1,818 Kg )
Menurut buku Standard of Perfection 2006 - 2010 yang diterbitkan oleh ARBA, bentuk keserasian tubuh secara keseluruhan serta gaya saat tampil pada ajang kontes mendapatkan porsi paling besar dari penilaian. Berikut Schedule of Points :
GENERAL TYPE............................................................................................ 84
   HEAD, EARS, CROWN....................................................... 42
      Head.............................................................. 24
      Ears............................................................... 10
      Crown...........................................................   8
   BODY, BONE...................................................................... 42
      Body.............................................................  32
      Bone, Feet, Legs...........................................  10
FUR.................................................................................................................   7
COLOR & MARKINGS...............................................................................   4
CONDITION.................................................................................................    5
   TOTAL POINTS........................................................................................ 100
Untuk keterangan lebih lengkapnya, silahkan beli bukunya ke ARBA yak? ada baiknya menunggu edisi berikutnya 2011 - 2015 agar lebih update he..he...
Nah, kalo mau belajar melatih gaya, kunjungi aja websitenya Bang Verry Maulana berikut ini...pasti seru banget he..he..
http://rumahkelincirabbitry.com/2010/07/11/holland-lop-possing/

Berikut foto-foto Holland Lop milik beberapa Hobiis yang impor via Gembala Kelinci:
Pemiliknya sekarang adalah  Aki Dhani dari Saung Kelinci; Holland Lop betina yang lahir tanggal 1 Agustus 2009 ini meskipun hanya memiliki 1 GC Leg (pernah 1 kali juara pertama di ajang kontes), nyokap bokapnye dan terutama kakek neneknya punya prestasi seabreg-abreg sampe 3 tahun berturut-turut dari tahun 2005, 2006, dan 2007. Ini kami ketahui dari "Record of Leg of Grand Champion Certificate" serta Pedigree yang mereka berikan kepada kami. Si Holly nama kelinci ini, dahulunya adalah milik Ms. Ashlee Richards sang empunya ANR Holland Lops Rabbitry yang tinggal di Hampstead Maryland; oleh Ms. Ashlee digelari "Lady Holland" karena kebiasaannya diperlakukan seperti Ratu, musti jumpai dia dulu untuk memberi makan sebelum kepada kelinci yang lainnya. Perlakuan ini terus kami lanjutkan kepada Holly sang "Lady Holland" yang tiba di rumah kami pada tanggal 13 Juni 2010. Ini perlu kami ceritakan sekedar sharing agar kita punya bekal informasi yang cukup memadai mengenai kelinci yang kita impor, untuk memudahkan kita mengantisipasi bagaimana mereka beradaptasi dengan keadaan di tempat kita. Menurut pengalaman kami, perlu waktu 1 bulan agar mereka bisa beradaptasi dengan lingkungan kita dan perhatian yang memadai dari sang pemelihara menjadi hal penting guna melangkah kepada program selanjutnya, semisal untuk mengembangbiakkannya. Oh ya, si Holly udah gua kawinin ama si Bastet's Sargent Pepper (HL Jantan warna Broken Tortoise Black yang lahir pada tanggal 1 Maret 2009 milik The Rabbit Hole) pada tanggal 11 Juli 2010 dan telah melahirkan tepat sebulan kemudian pada tanggal 10 Agustus 2010. Holly melahirkan 5 ekor, yang 2 peanuts gak lama kemudian mati dan 3 normal. Alhamdulillah perkembangannya baik dan sehat, terdiri dari 1 Jantan dan 2 betina he..he...(kok masih bayi udah tau kelaminnya? boong amat ha..ha..mau tau rahasianya? tunggu bacot gua selanjutnya ha..ha..ha..)
Ini foto si Holly dan anak-anaknya baru umur 10 hari:


 Alas nestbox gua ganti yang bersih setelah 10 hari pasca lahiran berhubung udah rada bau dan lembab, bulu induk yang kotor dan bau dibuang, gua pilihin yang masih bersih, kering dan gak bau buat selimut tu bocah. Waktu usia 5 hari sebelum tumbuh bulu, bisa kita lihat tanda puting susu di badannya, menurut gua itu yang betina, kalo polos aja berarti itu jantan. Kalo ntar udah gedenya keliru, maapin aja yak? namanya juga lagi belajar, sok tau boleh kan? he..he..
Ini foto "SK's Bohay" warna tortoise, kepalanye gede, mukenye dempek, badannya bulet; lagi digumul ame si "SK's Bahenol"

Nah yang ini foto si Bohay udah umur 14 hari :
Kata si Oom, kakinya si Bohay bakalan split (pengkang kali ye bahasa betawinye he..he..) karena badannya kegendutan dan kakinya gak akan kuat nopang berat tubuhnya. Gua kagak mau nyerah, si Bohay sehari dua kali dilatih senam bayi kelinci. Pelatihnye Papi Dogie, Mami Piggy, dan Bang Sapi'i....nih foto latihannya hi..hi..









 Alhamdulillah di usianya yang ke 24 hari (per tanggal 3 September 2010) si Bohay udah jago lari dan loncat-loncat, kakinya pun normal seperti saudaranya yang lain. Insya Alloh, 6 minggu lagi Bohay akan belajar bahasa Jawi kepada Tuannya yang baru, yang inisial namanya persis sama dengan Bohay, yaitu Mr. B......y


 Nah, Holland Lop jantan yang ini namanya Gladiator dari Rabbit Hole, sekarang milik Gembala Kelinci. Kalo gak salah lihat Gladiator udah ngantongin 4 GC Legs di Amrik nya. Gladiator juga peraih gelar Juara Pertama kategori Lop pada saat kontes Saung Kelinci tgl 13 Maret 2010 yang lalu di Balitnak Ciawi Bogor.
Berikut foto pasca kontes :
Holland Lop milik Gembala Kelinci:
Holland Lop milik Bapak Asep Sutisna (Asep Rabbit Project Lembang - Bandung):

Holland Lop milik Bapak Johan (Kelinci Mini Surabaya):
Dusty Bunny Hot Shot - HL Buck - Tortoise
ANR Farah - HL Doe - Broken Black

Holland Lop milik Bapak Mun'im (Pamulang - Depok)
Holland Lop milik Mas Bagus (Pamulang - Tangerang):

Selanjutnya adalah

American Fuzzy Lop ( termasuk kategori Small Breeds dengan kisaran berat 1,363 - 1,818 Kg )
Menurut buku Standard of Perfection 2006 - 2010 yang diterbitkan oleh ARBA, bentuk keserasian tubuh secara keseluruhan serta gaya saat tampil pada ajang kontes juga mendapatkan porsi paling besar dari penilaian. Berikut Schedule of Points :
GENERAL TYPE............................................................................................ 75
   Body..................................................................................... 30
   Head..................................................................................... 30
   Ears...................................................................................... 10
   Feet & Legs..........................................................................  5
WOOL............................................................................................................. 15
   Density..................................................................................  8
   Texture.................................................................................   5
   Length..................................................................................   2
COLOR & MARKINGS...............................................................................   5
CONDITION.................................................................................................    5
   TOTAL POINTS........................................................................................ 100
If you need more information please support ARBA by ordering "Standard of Perfection".
It would be welcome to visit the link www.arba.net

Berikut foto-foto American Fuzzy Lop milik beberapa Hobiis yang impor via Gembala Kelinci:
Brian's Belen nama AFL betina yang lahir tanggal 26 Mei 2009 ini berasal dari breeder kondang di Ohio milik Briant Hartzell (salah seorang Juri muda di ARBA, dia telah meninggal dunia pada bulan Juni 2009 dalam usia 31 tahun). Menurut pengamatan kami, AFL jebolan Brian's Rabbitry ini merajalela di ajang kontes sejak tahun 1999 sampai dengan 2009. Bahkan bokapnye si Belen ini yaitu Brian's Neptune meraih penghargaan yang prestisius di ajang akbar ARBA CONVENTION 2009 sebagai Best of Breed & Best of Group 4. Saat ini berada dalam pemeliharaan The Rabbit Hole - pemiliknya Ms. Shari Albrecht telah mengembangbiakkan AFL sejak tahun 1990, dia adalah pendiri American Fuzzy Lop Rabbit Club dan sebagai peternak handal (Master Breeder) spesialisasi AFL , info lebih lanjut silakan hubungi link berikut ini
http://rabbitholerabbitry.com/afl.html
Brian's Bola nama AFL jantan yang lahir tanggal 12 Juni 2009 ini juga berasal dari breeder kondang di Ohio milik Brian Hartzell. Lagi-lagi si Aki Dhani dari Saung Kelinci ketiban duren yang dapetin sepasang kelinci AFL yang ajib ini. Ada cerita menarik buat dapetin si Bola ini, menjelang pengiriman dari USA ke Indonesia ada deadline waktu mengingat waktu pengiriman memasuki musim panas, jika suhu mencapai diatas 85 derajat Fahrenheit maka kelinci dilarang ikut penerbangan. Berhubung Ms. Shari Albrecht dari Rabbit Hole yang berlokasi di New Jersey selektif banget milih kelinci, dan tinggal 1 ekor pesanan Saung Kelinci yang belum didapat maka dia inisiatif meminta tolong Sherry Hartzell dari Brian's Rabbitry di Ohio mengirimkan si Bola ini melalui seorang juri yang kebetulan akan menghadiri kontes di New Jersey. Sang juri yang baik hati ini membawa si Bola dengan mobilnya menempuh jarak 723 km (jauh buanget yak?). Saat itu, kami yang di Jakarta hanya memberikan kepercayaan penuh kepada Ms. Shari mencarikan yang terbaik untuk kami, meskipun tanpa ada foto seperti yang lazimnya diberikan kepada kami terlebih dahulu untuk memilih. Begitu tiba di Jakarta, ternyata si Bola ini bikin ngiler Bapak Andy Jamhur, sampai ngasih ultimatum ke si Aki Dhani pada saat jamuan sarapan pagi di rumahnya "Kalo lu mau lepas ni si Bola, gua duluan yang ngambil yak?"  Dalam pandangan si Aki Dhani saat itu bola mata si Boss Gembala Kelinci ini berubah jadi hijau dan kupingnya jatuh ngeplek kayak si Bola he....he...he.... Pokoknye tampang Pak Andy imut bangget deh waktu ntu ha..ha..ha..

Brian's Belen udah gua kawinin sama si Bola pada tanggal 11 Juli 2010 dan telah melahirkan 3 ekor tepat sebulan kemudian yaitu tanggal 10 Agustus 2010, semuanya Alhamdulillah normal dan sehat. Terdiri dari 2 jantan warna Tortoise dan Broken Tortoise, serta 1 ekor betina warna Tortoise. Foto-fotonya ntar nyusul yak?

Bagi yang berminat memiliki anakan kelinci kami hasil breeding kelinci impor ini, gak usah malu-malu kelinci hi..hi..hi... Hubungi aja Saung Kelinci, jangan lupa kalo serius bawa duit asli yang banyak yak? ha..ha..ha...

Berikut adalah foto-foto AFL milik Gembala Kelinci
Sementara ini menurut catatan kami sampai dengan Maret 2010 yang impor AFL via Gembala Kelinci, pemiliknya adalah Bapak Andy & Ibu Sinta dari Gembala Kelinci serta Aki Dhani dari Saung Kelinci.

Berikutnya adalah

Netherland Dwarf ( termasuk kategori Small Breeds dengan kisaran berat 0,907 - 1,134 Kg )
Terus terang aje nih Bro and Sis, gue males ngurai kriteria penilaiannya, berat banget...masalahnye ND kite banyak nyang pade cungkring...bisa-bisa Diskualifikasi semua ND nyang kite punya ha..ha..ha.. Pokoknye kite percayain aje deh ame juri yang baik hati hi..hi..hi..  Berikut Schedule of Points :
GENERAL TYPE............................................................................................ 70
   Body..................................................................................... 35
   Head..................................................................................... 15
   Ears....................................................................................... 15
   Eyes......................................................................................   5
   Tail........................................................................................   0
FUR.................................................................................................................  10
COLOR .........................................................................................................   15
CONDITION.................................................................................................    5
   TOTAL POINTS........................................................................................ 100

Nah ND nyang kayak gini nih nyang bikin PD abiizz .... (maksudnye Punya Duit cepet Abiiss he..he..)

ND milik Gembala Kelinci :















ND milik Budi Achonk (Kopo - Bandung):



ND milik Saung Kelinci :

Berikutnya adalah

Mini Lop ( termasuk kategori Small Breeds dengan kisaran berat 2,041 - 2,948 Kg )

Mini Lop milik Bapak Mun'im (Pamulang - Depok)

Sea Bunnies - Broken Blue - Senior Buck

DuBois - Steel - Senior Buck

DuBois - Chesnut - Senior Doe



Sea Bunnies - Steel - Senior Doe



Selanjutnya adalah

French Lop ( termasuk Large Breeds dengan kisaran berat 4,535 - 5,443 Kg atau lebih )

French Lop milik Bapak Mun'im (Pamulang - Depok)
 Bakers Street Bunnies's Rocky - Broken Chesnut - Senior Buck
Belair's Gallileo - Opal - Senior Buck
Dillon's Crookshanks - Fawn - Senior Doe
Hoffman's - Chesnut - Senior Doe

Info dari TKP :
Gelombang ke-3 kelinci impor via Gembala Kelinci akan tiba awal Oktober 2010, sementara ini sudah confirmed 18 ekor kelinci hias yang dipesan terdiri dari Jenis Holland Lop, American Fuzzy Lop, Netherland Dwarf, Flemish Giant, dan Standard Rex.
Masih tersedia American Fuzzy Lop dari Brian's Rabbitry antara 6 sampai dengan 11 indukan lagi. Segera hubungi Gembala Kelinci untuk mendapatkan kesempatan langka ini he..he..he...




to be continued he..he..

0 comments:

ALFALFA HAY 1 Kg = Rp 50.000

ALFALFA HAY 1 Kg = Rp 50.000
Green Hills Alfalfa Hay disukai kelinci dan marmut, menjaga kesehatan hewan peliharaan anda. Pesan Hubungi via SMS : 08 7878 2474 50

  © Blogger templates 'Sunshine' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP